Wednesday, October 29, 2014

Pempek Nasi

Bismillahirrahmanirrahiim...

Yak, mumpung kita orang lagi rajin masak... marilah lanjut ke masakan selanjutnya, hehe.
Kali ini, seperti judul di atas: Pempek Nasi.
Sekitar dua minggu sebelum ini saya juga mencoba membuat pempek dengan resep dari blog Just Try and Taste. Sepertinya sih... pempek kalau perbandingan ikan dan tepungnya minimal 1:1 Insya Allah rasanya oke laaah...

Tapi rasa oke aja kan nggak cukup yaaa... penampilan juga mesti sedap dipandang. Nah, boleh dibilang kapal selam adalah musuh saya. Hehe. Terakhir kali bikin kapal selam yang agak sukses ya waktu bikin Pempek Dos. Itu juga isian telurnya dikiiit, saking takut telurnya keluar.

Percobaan kedua kali membuat kapal selam saat tiba-tiba kangen makan pempek di Adelaide sini. Ya kali tinggal di Warung Buncit bisa langsung capcus ke Pak Raden kalau pingin banget makan pempek. Lha di sini?

Bahan-bahan sudah disiapkan. Tapi ikan tenggiri saya ganti dengan basa fillet *ya... biasa lah... alasan finansial... hihi*. Sedangkan tepung sagu saya ganti dengan tepung tapioka produk dari Thailand. Oia, ikan basa ini kalau menurut Mbah Google adalah sejenis ikan patin. Untuk rasa jelas nggak segurih tenggiri. Tapi masih okelah... supaya lebih sedap saya tambahkan sedikit kaldu blok.

Namun, apalah mau dikata... percobaan pertama membuat pempek di negeri seberang berakhir gatot (buat saya, kalau suami ganteng mah bilangnya enak-enak aja *bingung deh... nggak pernah berbulan-bulan dapet oleh-oleh Pak Raden kali ya...*). Pertama, hasil jadinya kenyal banget. Bener-bener kayak makan aci dipulung-pulung aja gituh... Perkiraan saya sih ini akibat tepung tapiokanya yang mungkin jenis atau komposisi bahannya agak berbeda (udah, kapok... lain kali pakai Sagu Tani atau paling nggak tapioka asal Indonesia sajah). Kedua, ya... kegagalan bikin kapal selam tadi yang bikin boros telur dan dapur berantakan nggak karuan (kalau bentuk pempeknya mah udah jelas kacau). Bad mood juga katanya kan ngaruh tuh sama rasa masakan... pokoknya nggak sedep lah. Ketiga, kuah cukonya diganti dengan kuah martabak yang masih sisa... nggak cocok lah menurut saya...

OOT dikit, ikan basa yang saya beli ini berakhir agak mengenaskan. Karena selain berakhir menjadi pempek gagal, sisanya juga berakhir menjadi otak-otak gagal. Hehe.

Nah, saking penasaran gimana bikin pempek kapal selam... saya googling ke sana ke mari. Dan sambil memanfaatkan nasi sisa (sayang banget kan kalau pakai ikan terus gagal...), jadilah Pempek Nasi!! Berhasil nggak bikin kapal selamnya?


Cukup oke lah ya? Hahaha... *ketawa puas banget!!*

Terus resep mana reseeep? Hehe...
Sebelum resep, review hasilnya dulu ya... Karena menggunakan cukup banyak terigu, jadi secara tekstur menurut saya lebih oke dibandingkan Pempek Dos (nggak terlalu kenyal).
Nasinya sih nggak kerasa... lebih seperti nambahin bahan aja... hehe.
Tapi kalau Anda punya nasi sisa dan udah bosen dengan nasi bakar atau nasi goreng, bolehlah coba resep ini kalau mau sedikit lebih repot. Hehe.

Resep saya ambil dari blog ini.

Pempek Nasi:

1 cup nasi
1 cup tepung terigu
1 cup air
garam (saya pakai 1 SDM)
1/6 cup minyak goreng
1 butir telur
200 gram Sagu Tani (Adanya cuma Tapioka Pak Tani, akhirnya pakai itu...)

Cara Membuat:

  1. Campur nasi, tepung terigu, air, dan garam dalam panci aduk rata. Setelah rata hidupkan api, aduk adonan nasi sampai adonan menyatu dan terasa berat, matikan api.
  2. Masukkan minyak goreng, aduk rata sampai adonan nasi dingin, setelah itu masukkan telur satu persatu, aduk rata.
  3. Terakhir masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni pakai tangan (saya selalu dan selalu pakai spatula) sampai adonan tidak lengket ditangan (kalis)
  4. Bentuk sesuai selera
  5. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat (tunggu beberapa waktu setelah pempek mengapung untuk meyakinkan bahwa bagian dalam benar-benar matang) . Tiriskan.
  6. Goreng pempek nasi dengan minyak panas, goreng sebentar. Angkat. Tiriskan.

Untuk Kuah Cuko saya memakai resep dari NCC:

Bahan (hanya membuat seperlima resep):

1 kg gula aren
2 liter air
10 buah bawang putih
250 gram cabe rawit (pakai sambal buatan pabrik karena nggak punya cabai rawit. Hasilnya puedess buangett menurut saya... Lain kali akan saya kurangi setengahnya saja atau sesuai selera. Untuk menetralisir saya tambahkan 2 SDM kecap manis)
40 gram garam
5 SDM cuka atau 200 gram asam jawa

Cara membuatnya:

Masak semua bahan menjadi satu.
Kemudian saring.

Selamat mencoba!!
Salam!!

No comments:

Post a Comment